Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android – Mungkin banyak dari Anda yang pernah kehilangan file karena terhapus baik disengaja maupun tidak sengaja yang ada pada perangkat android. Hal ini tentunya akan membuat anda sangat panik.

Apalagi jika file yang terhapus merupakan file penting yang akan digunakan di masa mendatang. Jika sudah begini, tentu Anda akan gelisah setengah mati dan bingung ingin melakukan tindakan apa.

Jika Anda pernah mengalami kejadian tersebut, tenang saja Anda tidak perlu panik lagi. Karena semua file yang terhapus pada perangkat android baik disengaja maupun tidak sengaja ternyata masih dapat dikembalikan asalkan Anda tahu caranya.

Bagi Anda semua yang belum tahu tentang cara mengembalikan file yang terhapus di Android, ada baiknya untuk membaca tulisan ini sampai selesai. Karena pada tulisan kali ini saya akan membahas tuntas tentang cara mengembalikan file yang terhapus di android.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Untuk cara yang dapat dilakukan juga terbilang sangat mudah. Apalagi jika smartphone yang Anda miliki selalu terkoneksi dengan berbagai macam cloud storage. Tentunya Anda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk berbagai macam kebutuhan, salah satunya adalah untuk mengembalikan file yang terhapus di android.

1. Menggunakan Google Photos

Google Photos merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh perusahaan Google yang saat ini sudah dimuat dalam bentuk aplikasi. Hampir setiap smartphone android pastinya memiliki aplikasi ini.

Pada mulanya, aplikasi ini dibuat untuk menyimpan foto dan juga video yang dimiliki leh para pengguna. Dengan aplikasi ini juga para pengguna bisa bebas menyimpan foto dan juga video dengan sesuka hati.

Keuntungan ini tentunya bisa menghemat jauh lebih banyak memori penyimpanan yang ada pada perangkat. Tidak hanya itu saja, jika nantinya foto dan juga video Anda tidak sengaja terhapus Anda juga bisa dengan cepat untuk mengembalikannya.

Selain untuk mengembalikan foto dan juga video, aplikasi ini juga bisa mengembalikan file penting lainnya yang terhapus. Caranya juga sangat mudah untuk dilakukan. Anda tinggal membuka aplikasi Google Photos.

Setelah itu silahkan cek fitur “Trash.” Fitur ini akan menampilkan seluruh file yang pernah Anda hapus. Untuk dapat mengembalikannya, Anda bisa langsung meng-klik simbol “Panah”di samping simbol “Trash.”

Secara otomatis file yang ingin Anda kembalikan akan kembali lagi tersimpan pada perangkat Anda. Google Photos juga bisa diakses melalui web. Sehingga Anda bisa dengan mudah untuk melihat dan juga mengembalikan foto, video, dan juga file penting lainnya yang terhapus.

Untuk bisa menggunakan fitur ini secara total, terlebih dahulu Anda harus mengaktifkan pencadangan. Karena jika Anda tidak mengaktifkan pencadangan terlebih dahulu, foto, video, dan juga file lainnya yang terhapus pada perangkat Anda tidak akan pernah bisa dikembalikan.

Maka dari itu, selalu aktifkan pencadangan terlebih dahulu ya agar ketika nantinya Anda ingin mengembalikan foto, video, dan juga file penting lainnya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Pencadangan dapat dilakukan dengan menautkan akun Google.

2. Menggunakan Google Drive

Selain Google Photos, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file yang terhapus di android adalah dengan menggunakan Google Drive. Cara kerja dari Google Drive juga tidak jauh berbeda dengan Google Photos.

Terlebih dahulu Anda harus mengaktifkan pencadangan agar file yang ada di perangkat Anda bisa otomatis dicadangkan. Jikapun nantinya Anda ingin mengembalikannya ke perangkat Anda, file tersebut tidak hilang dan masih bisa dikembalikan.

Anda juga bisa meng-upload file apa saja yang Anda miliki ke Google Drive. Saat ini Google Drive memiliki penyimpanan unlimited yang bisa memungkinkan Anda untuk menyimpan lebih banyak file penting yang ada pada perangkat Anda.

3. Menggunakan Aplikasi EaseUS MobiSaver

Jika kedua aplikasi milik perusahaan Google menawarkan konsep penyimpanan berbasis cloud storage, maka untuk aplikasi ini sama sekali tidak menggunakan konsep penyimpanan tersebut namun tetap bisa dipergunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di android dengan mudah.

Aplikasi ini mampu mengembalikan file seperti : foto, video, music, contact, dan juga pesan yang tidak sengaja terhapus. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur “Preview Before Recovery”yang memungkinkan Anda dapat memilih file mana saja yang nantinya ingin dikembalikan.

Jika Anda ingin mengembalikan file yang terhapus di android dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa langsung mendownload aplikasi EaseUS MobiSaver melalui PlayStore maupun pada penyedia aplikasi pihak ketiga secara gratis.

4. Menggunakan Aplikasi DiskDigger

Jika Anda masih belum puas dengan ketiga cara yang telah dijelaskan di atas, maka cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menggunakan aplikasi DiskDigger. DiskDigger merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh banyak orang untuk mengembalikan file penting yang terhapus di android.

Aplikasi ini juga sudah tersedia di PlayStore dan dapat diunduh secara gratis oleh seluruh pengguna smartphone berbasis android. Untuk bisa mengembalikan file yang terhapus, Anda juga tidak perlu melakukan root pada perangkat Anda.

Anda tinggal membuka aplikasi DiskDigger untuk melihat file apa saja yang sempat terhapus. Jika Anda ingin mengembalikannya, Anda tinggal memilih opsi “Restore” yang tersedia pada aplikasi ini. Menariknya lagi, aplikasi DiskDigger dapat menyortir file berdasarkan ukuran dan juga tanggalnya.

5. Menggunakan Software Recuva

Bagi Anda yang ingin mengembalikan file yang terhapus dengan bantuan PC/Laptop, maka Anda bisa menggunakan software Recuva. Cara ini dilakukan apabila smartphone Anda sedang hang ataupun tidak bisa disentuh sama sekali.

Yang terpenting smartphone Anda masih hidup agar bisa terdeteksi saat dihubungkan ke PC. Hingga saat ini software Recuva masih terbukti sangat ampuh untuk mengembalikan file apa saja yang terhapus pada perangkat android.

Caranya juga cukup mudah, Anda tinggal mendownload software Recuva melalui browser. Setelah berhasil di download maka Anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah yang diarahkan oleh software Recuva.

Pilihlah file mana saja yang ingin dikembalikan. File yang ingin dikembalikan otomatis akan disimpan pada penyimpanan laptop/PC. Atau jika Anda ingin menyimpannya langsung pada perangkat android, Anda bisa langsung memilih opsi dimana file yang telah dikembalikan ingin disimpan.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan file yang terhapus di android baik disengaja maupun tidak disengaja. Kebanyakan orang di luaran sana sering sekali panik dan kebingungan saat mengalami kejadian ini.

Mereka juga sering kaget karena file penting yang selama ini mereka simpan tiba-tiba hilang. Melalui tulisan ini semoga Anda semua bisa mendapatkan informasi dan juga wawasan tentang cara bagaimana mengembalikan file yang terhapus di android. Karena apapun jenis file yang terhapus, semuanya masih dapat dikembalikan asalkan Anda tahu caranya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Python : membuat menu pilihan sederhana

Aplikasi Simontok Versi Terbaru 2020

Download Game Lost Life MOD APK, Lagi Viral !