Daftar Aplikasi Android Paling Berbahaya

Daftar Aplikasi Android Paling Berbahaya – Saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi yang tersebar di pasaran. Aplikasi yang tersebar di pasaran juga ada banyak sekali jenisnya. Dan masing-masing jenis aplikasi memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Contohnya saja seperti aplikasi WhatsApp yang sering dipergunakan oleh banyak orang untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan aplikasi ini orang-orang dapat melakukan chattingan, melakukan panggilan suara, dan melakukan video call dengan orang lain.

Namun sayangnya tidak semua aplikasi yang beredar di internet bagus. Ada beberapa aplikasi yang ternyata sangat merugikan para penggunanya. Maka dari itu Anda harus berhati-hati saat akan mendownload aplikasi.

Karena bisa saja aplikasi yang Anda download justru dapat merusak perangkat Anda. Apalagi jika aplikasi yang di download tidak jelas asal usulnya. Tentu nantinya akan membuat dampak kerugian yang sangat besar bagi diri Anda sendiri.

Beragam aplikasi juga dapat dengan mudah untuk diproleh. Bahkan, hampir seluruh aplikasi yang beredar bebas di pasaran bisa diunduh oleh siapa saja. Karena kebebasan tersebutlah orang-orang sangat jarang sekali untuk memperhatikan mana saja aplikasi yang baik dan mana saja aplikasi yang tidak baik.

Daftar Aplikasi Android Paling Berbahaya

Maka dari itu pada tulisan kali ini saya akan memberitahukan kepada Anda semua tentang aplikasi android apa saja yang paling berbahaya. Daftar aplikasi yang akan saya jelaskan di bawah ini juga sudah beredar dengan sangat bebas di situs pendownload aplikasi PlayStore. Jadi, Anda harus senantiasa waspada ya saat akan mendownload aplikasi. Pastikan untuk tidak mendownload daftar aplikasi yang akan dijelaskan di bawah ini. Penasaran apa saja? Berikut adalah daftarnya!

·         Sound Recorder

·         Super Cleaner

·         Virus Cleaner 2019

·         File Manager

·         Joy Launcher

·         Turbo Browser

·         Weather Forecast

·         Candy Selfie Camera

·         Hi VPN, Free VPN

·         Candy Gallery

·         Calendar Lite

·         Super Battery

·         Hi Security 2019

·         Net Master

·         Puzzle Box

·         Private Browser

·         Hi VPN Pro

·         World Zoo

·         Word Crossy!

·         Soccer Pinball

·         Dig it

·         Laser Break

·         Music Roam

·         Word Crush

Itulah daftar aplikasi android paling berbahaya yang sangat perlu untuk Anda hindari. Mengapa demikian? Karena daftar aplikasi yang telah dijelaskan di atas sudah terbukti melakukan kejahatan siber.

Tidak hanya iu saja, daftar aplikasi tersebut juga sudah terdata meminta izin praktik yang tidak sesuai dengan fungsinya. Contohnya pada salah satu aplikasi kamera yang meminta izin para penggunanya untuk mengakses data lokasi dan juga penyimpanan eksternal.

Ada juga aplikasi yang meminta izin untuk dapat mengakses daftar panggilan dan yang lain sebagainya. Sudah pasti hal tersebut merupakan tindakan menyimpang. Jikapun suatu aplikasi meminta izin para penggunanya, tentulah harus sesuai dengan fungsi dan juga kegunaannya.

Tips Menghindari Aplikasi Berbahaya

Karena sudah banyaknya aplikasi berbahaya yang saat ini beredar luas di pasaran, maka Anda harus senantiasa berhat-hati. Karena aplikasi berbahaya tersebut dapat merugikan Anda sewaktu-waktu.

Anda harus bisa cerdas dalam menggunakan smartphone dan jangan pernah mendownload aplikasi sembarangan jika Anda tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada perangkat Anda. Oleh karenanya beberapa tips yang akan dijelaskan di bawah ini mungkin bisa membantu Anda semua agar terhindar dari aplikasi berbahaya.

1. Cek Reputasi Sumber Aplikasi

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengecek terlebih dahulu reputasi sumber aplikasi. Anda tidak boleh melihat suatu aplikasi dari nama dan juga gambarnya saja, melainkan juga harus melihat sumber dan juga perusahaan penerbitnya.

Untuk bisa menemukan informasi terkait perusahaan penerbit dari sebuah aplikasi caranya juga sangat mudah, Anda tinggal melihatnya pada bagian “Info Aplikasi” yang biasanya berada pada bagian paling bawah.

Setelah mengetahuinya, Anda bisa langsung mencari informasi detail terkait perusahaan penerbit dari aplikasi tersebut di Google. Nantinya akan ada sebuah artikel maupun informasi yang mengulas tentang perusahaan penerbit dari aplikasi tersebut.

Meskipun terbilang sangat rumit dan terkesan membuang banyak sekali waktu, namun hal ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda semua bisa mengetahui dengan rinci mengenai profile dari perusahaan penerbit suatu aplikasi. Dengan begitu nantinya Anda bisa mempertimbangkan dengan sangat matang apakah aplikasi tersebut aman atau tidak.

2. Pastikan Izin yang Diminta oleh Aplikasi Sesuai dengan Fungsinya

Tips selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu dengan memastikan izin yang diminta oleh aplikasi sesuai dengan fungsinya. Banyak sekali orang-orang yang mengabaikan hal tersebut. Padahal jika sebuah aplikasi ingin meminta izin dari para penggunanya, haruslah sesuai dengan fungsinya.

Contohnya saja pada aplikasi edit foto dan video, maka izin yang diminta hanyalah izin untuk mengakses kamera yang dipergunakan untuk mengambil foto dan juga video secara langsung untuk diedit.

Jika izin yang diminta dirasa sudah menyimpang seperti meminta izin untuk mengakses kontak telepon, maka Anda harus menghindari aplikasi tersebut. Karena aplikasi tersebut sudah pasti sangat berbahaya karena sudah meminta izin tidak sesuai dengan fungsinya.

3. Lihatlah Penilaian dan Ulasan dari Pengguna Lain

Bagus atau tidaknya sebuah aplikasi bisa dinilai setelah aplikasi tersebut digunakan. Maka dari itu tips selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk menghindari aplikasi berbahaya adalah dengan melihat penilaian dan juga ulasan yang telah diberikan oleh pengguna lain.

Penilaian tersebut biasanya berupa bintang dan juga komentar. Jika penilaian yang diberikan oleh pengguna lain bagus, maka aplikasi tersebut aman untuk digunakan. Namun jika penilaian yang diberikan oleh pengguna lain buruk, sudah dapat dipastikan aplikasi tersebut berbahaya untuk digunakan.

4. Selalu Aktifkan Google Play Protect

Tips terakhir yang harus Anda lakukan adalah dengan selalu mengaktifkan Google Play Protect. Bagi Anda semua yang belum tahu, Google Play Protect merupakan alat terbaru yang diberikan oleh perusahaan Google untuk membantu para penggunanya dalam menjaga perangkat mereka agar tetap aman dan terbebas dari berbagai macam aplikasi yang mencurigakan.

Google Play Protect akan senantiasa melindungi data-data pribadi yang terdapat pada perangkat Anda dari berbagai macam aplikasi berbahaya. Maka dari itu Anda harus senantiasa mengaktifkan Google Play Protect. Cara mengaktifkannya juga terbilang sangat mudah. Dan berikut adalah cara mengaktifkan Google Play Protect.

Cara Mengaktifkan Google Play Protect

·         Langkah – 1 : Buka aplikasi Google Play Store pada perangkat android Anda

·         Langkah – 2 : Klik menu atau simbol 3 garis yang ada pada tampilan Google Play Store

·         Langkah – 3 : Klik Play Protect

·         Langkah – 4 : Klik Setelan

·         Langkah – 5 : Lalu aktifkan “Pindai Ancaman Kemanan di Perangkat”

Itulah sekilas ulasan tentang daftar aplikasi android paling berbahaya dan juga tips untuk menghindarinya. Semoga tulisan yang telah dijelaskan di atas bisa memberikan manfaat dan juga wawasan bagi Anda semua yang membacanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Python : membuat menu pilihan sederhana

Aplikasi Simontok Versi Terbaru 2020

Download Game Lost Life MOD APK, Lagi Viral !