Perbedaan UNIX dan Linux


Ketika kita berbicara tentang dunia komputer, tentu tidak jauh-jauh dengan yang namanya OS (Operating System). Sistem operasi memang seperti nyawa dari komputer atau laptop itu sendiri. Tanpa OS, sebuah laptop tidak akan bisa menjalankan fungsinya secara maksimal. Dan ketika kita bicara soal sistem operasi, kalian mungkin akan langsung terpikirkan Windows. Hal tersebut memang wajar karena windows bisa dibilang sebagai OS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Namun tahukah kalian bahwa ada juga OS bernama Unix dan Linux?.
Mungkin kalian sudah agak familiar dengan OS Linux namun juga mungkin masih asing dengan nama Unix. Kedua OS tersebut memiliki nama yang bisa dibilang hampir mirip, memang apa hubungan keduanya? Dari segi kepopuleran mungkin Linux lebih dikenal baik oleh orang awam maupun yang sudah lama bergelut di dunia komputer. Namun sebenarnya Unix sendiri juga tidak kalah dan banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Marilah kita membahas lebih lanjut agar mengetahui pengertian serta perbedaan antara Unix dan Linux.

Pengertian Unix
Unix merupakan sebuah sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Ken Thompson, Dennis Ritchie dan beberapa programmer lainnya. Unix kemudian secara terus-menerus dikembangkan oleh AT & T Bell Labs. Sistem operasi yang satu ini sengaja dibuat dan dirancang untuk digunakan secara multiuser, portable dan juga bisa melakukan multitasking. Berbeda dengan OS pada umumnya, Unix lebih banyak digunakan untuk keperluan server dan juga workstation. Hal inilah perbedaan besar antara Unix dan Linux.
Selain itu dibandingkan dengan Linux, Unix memiliki kompatibilitas yang jauh lebih tinggi sehingga dapat dimodifikasi dan dikembangkan dengan lebih mudah. Hal ini menyebabkan ada banyak sekali varian OS yang berbasis Unix, salah satu yang paling terkenal adalah Linux. Ya, Linux merupakan sebuah OS yang berasal dari Unix itu sendiri. Hubungan kedua seperti seorang ayah dan anak.

Pengertian Linux

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, Linux adalah sistem operasi yang berasal dari pengembangan varian Unix. OS yang satu ini diciptakan serta dikembangkan oleh Linus Torvalds, awalnya dimaksudkan untuk mengakses server dari universitas tempatnya belajar yang berbasis Unix. Dikatakan juga bahwa Linux ini sebenarnya pengembangan atau cloning dari versi Unix lain bernama MINIX.
Karena Linux ini tumbuh dari Unix, maka tak heran ada banyak persamaan antar 2 OS ini. Namun meski begitu tidak sedikit pula perbedaan yang dimiliki oleh Linux dan Unix. Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa Unix lebih sering digunakan untuk kebutuhan server. Sedangkan Linux lebih mirip dengan windows yang digunakan untuk kebutuhan komputer personal. Namun tidak seperti Windows, OS Linux ini bisa kalian dapatkan secara gratis. Aplikasi untuk Linux pun banyak didistribusikan secara gratis, namun dibanding dengan windows jumlah software mereka masih kalah.

Perbedaan Unix dan Linux

Untuk lebih memahami tentang apa saja yang menjadi perbedaan antara sistem operasi Unix dan Linux, silahkan baca daftar di bawah ini :
  • Unix awalnya diciptakan untuk digunakan pada komputer besar seperti Mainframe atau sebuah superkomputer. Sedangkan Linux adalah varian lain dari Unix yang lebih ditujukan untuk keperluan personal komputer.
  • Berbeda dengan Linux yang bisa kalian dapatkan secara gratis, untuk menggunakan Unix kalian harus membelinya.
  • Dari segi kinerja, Linux dapat melakukan pemrosesan lebih cepat dibandingkan dengan Unix pada spesifikasi hardware yang sama.
  • Jika digunakan untuk komputer biasa, Unix akan menghabiskan ruang hard disk yang lebih banyak dibandingkan dengan Linux.

Kesimpulan

Sekarang kita akan merangkum apa saja yang membedakan sistem operasi Unix dan Linux. Dari segi pemakaian Linux lebih sering digunakan untuk tujuan personal, sedangkan Unix lebih cocok jika dgunakan untuk keperluan workstation dan server. Untuk segi keamanan, mungkin Linux lebih diunggulkan dan lebih kebal terhadap serangan berbagai virus dan malware. Namun Unix memiliki kelebihan dibidang lain yaitu mampu menjadi server atau database yang bagus. Dari hal tersebut Unix memiliki nilai komersil yang lebih bagus, sedangkan Linux bisa didapatkan secara gratis.
Itulah pembahasan lengkap tentang pengertian dan perbedaan antara sistem operasi Unix dan Linux. Semoga artikel diatas bisa memberikan informasi serta pengetahuan tentang apa itu OS Unix dan Linux. Jika ada informasi yang belum dicantumkan di artikel silahkan berkomentar di bawah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Python : membuat menu pilihan sederhana

Arti Pap TT, Pap 99, 599, FN, VCS dalam Bahasa Gaul

Aplikasi Simontok Versi Terbaru 2020