7 Game Simulasi Terbaik di Android


Simulasi merupakan salah satu genre paling populer dan banyak dieksplorasi di video game. Ini juga jadi salah satu yang paling ramai di pasar mobile karena kontrol tap-and-swipe nya bekerja dengan sangat baik di perangkat berlayar sentuh seperti smartphone.

Selain itu, game simulasi juga mudah untuk dimainkan, menyenangkan dan hampir dapat dimainkan sampai kapanpun tanpa mengenal kata ‘tamat’. Mulai dari game simulasi kehidupan, membuat tempat liburan seperti wahana bermain hingga membangun kota secara penuh, berikut 7 game simulasi terbaik untuk Android yang ampuh usir rasa bosan.

1. AltLife

AltLife merupakan game simulasi kehidupan bergaya teks. Ini sama seperti game simulasi kehidupan lainnya di mana karakter pemain terlahir, tumbuh besar, membuat kehidupan dalam hidup dan akhirnya meninggal. Game ini memungkinkan pemain untuk membuat beragam pilihan dan melihat statistik kehidupan seperti kebahagiaan, penampilan, kesehatan dan lain-lain.

AltLife sangatlah dasar, tidak detail secara visual namun tetap menyenangkan untuk dimainkan. Untuk alternatif lain dengan visual yang lebih nyata, ada The Sims: Mobile atau The Sims: FreePlay.

2. Animal Crossing: Pocket Camp

Animal Crossing: Pocket Camp merupakan game simulasi sosial, yang akan ‘melempar’ pemain ke dalam sebuah pulau. Sembari di pulau itu, pemain bisa melakukan hal-hal seperti berteman dengan satwa liar setempat, membangun sebuah camp, menjelajahi lingkungan sekitar, membuat barang dan banyak lain.

Lebih lanjut, pada game ini, terdapat lebih dari 1,000 perabot, 300 pakaian dan 100 jenis hewan untuk dijadikan sahabat. Meski tidak sebaik versi Nintendo Switch-nya, ini sudah lebih dari cukup terutama dengan fakta bahwa ini juga free-to-play alias bisa dimainkan secara gratis.

3. The Escapists 2

The Escapists 2 merupakan game simulasi yang juga memadukan genre strategi ke dalam gameplay utamanya. Simpelnya, pemain memiliki tujuan untuk kabur dari balik jeruji besi pada game ini. Awalnya, pemain akan melakukan beragam aktivitas di dalam penjara seperti pergi ke tempat latihan, makan, mendengarkan musik jazz dan sebagainya.

Namun di belakang, pemain akan diam-diam merencanakan cara untuk kabur. The Escapists 2 memiliki variasi penjara yang cukup banyak dan beragam ‘jalan’ untuk melarikan diri. Ini lebih baik dari game pertamanya.

4. Fallout Shelter

Fallout Shelter cukup ramai dibicarakan dan dimainkan ketika dirilis pada tahun 2015 silam. Ini dipuji karena gameplay yang menyenangkan, keunikan Fallout klasik dan elemen strategi yang luar biasa. Sesuai namanya, Fallout Shelter menyuruh pemain untuk membangun “shelter” atau tempat perlindungan dan mengisinya dengan penghuni.

Setiap penghuni juga dapat berinteraksi satu sama lain untuk menjaga tempat perlindungan agar tetap berjalan. Singkatnya, misi utama pada game ini adalah menciptakan tempat perlindungan terbaik, mengeksplorasi gurun sekitar dan menciptakan komunitas yang berkembang pesat.

5. Pocket City

Pocket City merupakan game simulasi membangun kota yang mirip dengan Sim City. Ini membawa mekanisme membangun kota seperti kebanyakan game dengan genre sejenis seperti mencampur adukkan berbagai jenis bangunan di dalam satu wilayah dan kemampuan untuk membuka lahan baru seiring berjalannya permainan.

Menariknya lagi, ini juga memiliki peristiwa acak yang akan muncul secara tiba-tiba seperti bencana alam. Pocket City bisa dimainkan secara offline baik di mode portrait maupun landscape. Versi berbayarnya berisi banyak fitur ekstra, mode sandbox dan iklan yang dihilangkan.

6. Rebel Inc

Rebel Inc merupakan salah satu game simulasi terbaru di daftar ini. Ini dikembangkan oleh developer yang sama yang mengerjakan Plague Inc. Rebel Inc menempatkan pemain ke dalam wilayah dengan banyak kerusuhan. Misi utama pemain adalah untuk menumpas pemberontakan dan membantu wilayah tersebut tumbuh damai dan makmur.

Terdapat tujuh wilayah untuk dibenahi dan game ini mensimulasikan semua jenis taktik pemberontak untuk pemain tangani. Game serupa seperti ini adalah Plague Inc, namun alih-alih pemberontak, pemain melawan dunia yang diinfeksi virus.

7. Rollercoaster Tycoon

Rollercoaster Tycoon merupakan salah satu game simulasi terbaik sepanjang sejarah. Game ini membawa skenario kepada pemain untuk membangun sebuah taman hiburan dengan rollercoaster sebagai wahana utamanya.

Maka seperti game tycoon pada umumnya, pada game ini pemain bisa mengustomisasi wahana, menentukan bentuk taman bermain mereka dan bahkan menyewa penjaga keamanan dan petugas kebersihan untuk menjaga tempat agar tetap aman. Versi mobile dari seri ini hadir dengan semua konten dari Rollercoaster Tycoon dan Rollercoaster Tycoon 2 bersama dengan DLC opsional untuk dibeli.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi game simulasi terbaik untuk Android yang ampuh usir rasa bosan. Kecuali The Escapists 2 dan Rollercoaster Tycoon, semua game di atas bisa diunduh secara gratis di Play Store.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Python : membuat menu pilihan sederhana

Aplikasi Simontok Versi Terbaru 2020

Download Game Lost Life MOD APK, Lagi Viral !